Rabu, 27 April 2011

Ketika Usia Semakin Senja


Dalam hati aku selalu bertanya - tanya
Apa yang ingin ku lakukan dan aku tempuh sampai saat ini
Apakah kesenangan dunia yang sebagian orang bilang hanya sesaat
Atau kenikmatan kekal yang akan di berikan oleh tuhan selanjutnya
Pikiranku terus kalut dan semakin larut terjerumus oleh beberapa pilihan
Mungkin belum saatnya seorang pemuda seperti aku memikirkan semua hal ini
Di sisi lain aku ingin bersenang - senang seperti ketika aku masih kecil
Tak mempunyai beban dan tanggung jawab yang harus di selesaikan
Dan terus di bimbing untuk menjadi yang lebih baik lagi
Jujur saja semua orang pasti rindu dengan masa - masa kecilnya
Tapi waktu terus berlalu dan membuat kita semakin tumbuh
Detik demi detik tanpa kita sadari kita telah berkembang
Bukan dalam hal fisik melainkan juga pengalaman yang selalu baru
Yang terkadang juga membuat kita semakin sadar atau larut dalam kehampaan semata
Pernah aku melihat di pojok suatu jalan seorang kakek duduk dengan mengadah kan tangan
Seketika itu hatiku berbisik dalam pikiranku
Apakah kelak aku seperti dia, dan Apa yang dilakukan kakek itu di masa kecilnya?
Hingga dia tidak bisa mengatasi semua masalah yang ada di dunia ini
Dan memutuskan untuk melakukan hal yang Tuhan pun sebenarnya tak suka
Pernah juga aku melihat seorang bapak - bapak yang penuh semangat
Tanpa kenal lelah menawarkan barang dagangannnya di hadapan orang - orang yang lalu lalang
Meski hanya bermodal beberapa botol air mineral dan Kacang di keranjangnya
Beliau tidak merasa malu dan rendah diri di hadapan pesaingnya
Pesaing yang mempunyai market - market yang lebih besar dan lengkap dalam jualannya
Tapi kenapa dia sangat menikmati pekerjaan itu?
Kenapa dia masih sempat tertawa meski jualannya belum laku sebiji pun
Apa yang membuatnya senang, apa yang membuatnya begitu bersemangat
Semua pertanyaan itu terlintas di benakku seketika
Dulu aku pernah berpikir kalo harta itu adalah segala - galanya
Tapi pikiran itu langsung berbelok ketika melihat bapak - bapak itu
Apa kesenangan abadi di dalam dunia ini?
Bagaimana cara aku bisa mendapatkannya?
Masih adakah kesenangan yang melebihi kesenangan di saat kita masih kecil
Dan sangat pantas untuk di raih seseorang ketika beranjak dewasa
Kesenangan tanpa mengorbankan suatu masalah sebagai resiko
Andai aku menemukan kesenangan itu
Aku akan membuat rencana - rencana menarik untuk menikmatinya
Dan terus ku nikmati hingga ku tak bisa melihat dan berjalan lagi
Kembali seperti aku di masa kecilku
Ketika aku masih di bimbing untuk berjalan
Disuapi ketika masih belum bisa makan dengan benar
Aku hanya berharap dengan Tuhan dan terus berdoa
Bahwa kelak aku dapat di berikan kesenangan tersebut
Hingga aku tak merasakan rasa sakit dan hanya diam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar